Sabtu, 25 November 2017

MEMBACA DAN MERASAKAN

gue sudah hobi baca dari kelas 4 SD. kenapa gue hobi baca gak dari lahir? jawabannya simpel, karena pas lahir gue belum bisa baca, pas kelas 1 SD gue udah bisa baca, tapi ternyata di SD gue belum ada per puustakaan. perpustakaan baru ada pas gue kelas 4 SD. saat itu perpustakaan adalah tempat ternyaman di sekolah, itu jadi tempat tongkrongan favorit waktu itu, buku-bukunya juga masih baru. dari sanalah gue memulai hobi baca. saat baca buku gue merasakan kenyamanan dan kepuasan tersendiri, sejaka saat itu pula gue jadi ketagihan baca. gue rasa baca buku banyak juga manfaatnya. kalo ngobrol sama temen-temen gue jadi keliatan pinter, keliatan paling luas wawasannya. saat temen-temen gue belum ngerti apa itu jurnlaistik, cita-cita gue malah pengen jadi jurnalistik.
hobi membaca ini gue bawa ke SMP, di SMP perpustakaannya tidak senyaman perpustakaan SD. selain buku-bukunya yang berantakan juga penjaga perpustakaannya yang terlihat judes dan tidak ramah. perpustakaan SMP selalu sepi, sangat jarang murid yang mampir ke sana. gue juga sering lihat penjaga erpus ketiduran karena gak tau harus ngapain selain tidur. padahal buku-buku di SMP banyak yang menarik menurut gue, kontennya juga sangat proporsional untuk usia anak SMP. meskipun tak begitu nyaman perpustakaan tetap jadi tongkrongan favorit buat gue. degan ditemani penjaga perpustakaan yang judes, gue mulai membaca satu per satu buku di perpustakaan itu. mulai dari cerita fikisi, novel, komik, sampai biaografi gue baca semua.
di SMA, tentu saja ruangan yang pertama gue cari adalah perpustakaan. tapi gue kecewa saat mengetahui di sana lebih banyak buku pelajaran daripada buku bacaannya. gue sempat berhenti membaca juga, gue baca buku palingan kalo ada temen yang bawa novel ke sekolah. pada saat gue naik kelas 11, pemerintah menggalangkan gerakkan literasi, tentu saja gue sambut dengan senang. sejak saat itu hingga kini gue masih baca, kebanyakan novel percintaan, ada juga novel inspiratif.
sejak awal gue hobi baca, belum pernag ada novel yang bikin gue baper. hingga suatu hari gue liat temen gue, sebutlah namanya Edwin karena memang namanya Edwin. gue liat dia abis beli novel baru judulnya BARA karya Febrialdi R. gue sempet baca beberapa halaman, tapi kenapa tokohnya terasa hidup ya. gue bingung. saat si tokoh jatuh cinta gue pun ikut jatuh cinta, saat si tokoh nangis gue ikut nangis. byangkan gue orang yang paling susah nangis tiba-tiba nangis karena sebuah buku. tapi berhubung si peilik buku belum selesai membacanya gue jadi gak bisa pinjem. hingga pada hari jum'at tanggal 24 November kemarin gue dipinjemin sama dia. gue baca novel itu. ceitanya emang bener-bener bikin baper. sampe gue udah selesai baca pun tetep aja da rasa yang mengganjal. karena endingya si tokoh mati, gue jadi terus-terusan merasa kehilangan. gue gak tau yang terjadi sama gue itu normal nggak. tapi serius, sampe sekarang gue masih kepikiran. sampe akhirnya gue memutuskan untuk meresensi novel ini. resensi bisa di lihat di blog ini, dipostingan sebelumnya.
kutipan yang paling ngena menurut gue adalah "sejatinya, pada setiap kita ada sifat gunung yang takabur dan kesomongan. dan, kepada gunung itulah, aku mengaenal akau dan ke-aku-an"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar