Sabtu, 25 November 2017

RESENSI NOVEL BARA

Tantangan, Misteri, dan Kejutan

Judul buku : Bara
penulis : Febrialdi R.
penerbit : Mediakita
tahun terbit : 2017
cetakan : pertama
tebal buku : 14,5 x 21 cm
jumlah halaman : xii + 372 halaman
harga buku : Rp. 80.100,-
no. ISBN : 978-979-794-542-8
     Cerita tentang seorang lelaki petualang dengan misteri pendakian gunungnya tetap menarik untuk ditulis. Seperti novel ‘Bara’ karya Febrialdi R. Seorang pengelana yang ternyata juga penikmat kopi hitam. Menyisakan kesedihan sekaligus kecintaan pada alam.
     Bara, seorang lelaki muda, pendaki gunung, relawan, sekaligus penulis kisah-kisah petualangan. Latar belakang keluarganya yang berantakan membuat hidupnya liar, keras, dan bebas. Setelah neneknya meninggal dunia, ibunya pergi entah kemana, dan ayahnya di penjara. Ia pun hijrah dari indramayu ke Bandung, meneruskan SMA, kuliah, dan kehidupan barunya.
     Di anatara itu, Bara mengalami kisah cinta yang pelik, tidak seidah yang dibayangkan. Bertubi-tubi cinta itu datang tak disangka, tetapi juga begitu saja kandas meninggalkan luka. Bara tidak ingin berusaha berhenti, walaupun ada yang memeutuskan untuk pergi.
     Petualangan dan cinta, sejauh apapun bertualang, pada akhirnya cinta akan selalu mengenal kata pulang. Dan, tak ada tempat sebaik-baiknya mengakhiri pengembaraan untuk pulang, selain hangatnya pelukan, setelah salng menemukan.
     Novel ini penting untuk dibaca, kita bisa membaca catatan melodrama yang tidak cengeng, tetapi memberikan makna ‘air mata’ yang sebenarnya. Baik kisah duka maupun bahagia, setiap cerita memiliki caranya sendiri untuk menunjukkan realitas. Novel ‘Bara’ ini penuh liku, misteri, serta sederet predikat nestapa lainnya, yang justru mengajarkan kita, betapa hidup layak untuk diperjuangkan dan dijalani.
     Novel ini mengisahkan liku-liku sang petualang dalam mengarungi kelamnya drama kehidupan. Hanya cinta yang bisa mengarahkan dan menyesatkan, di balaik kekuatan sebuah persahabatan dan masa lalu yang suram. Menggambarkan sisi lain seorang pendaki. Di balik sosoknya yang terkadang terlihat tegar dan keras, sesungguhnya mereka juga memiliki hati yang lembut dan romantis. Novel ini juga menggambarkan apapun aktivitas yang dilakukan di gunung, bukanlah kegiatan main-main. Segala persiapan adalah mutlak.
     Petualangan merupakan tempat kita mencari rumah-rumah baru, harapan, kesenangan, sekalgus berhadapan dengan sederet kemalangan. Novel bara meyuguhkan hal-hal tersebut : tantangan, misteri dan kejutan. Hanya manusia yang punya cukup nyali, yang berani menghadapinya. 

2 komentar:

  1. Pengen banget punya novel ini.
    Kira-kira di gramed pekanbaru ada gak ya,
    Soal nya uda beberapa kali nyari, susah bnget.

    BalasHapus
  2. Pengen banget punya novel ini.
    Kira-kira di gramed pekanbaru ada gak ya,
    Soal nya uda beberapa kali nyari, susah bnget.

    BalasHapus