Rabu, 15 November 2017

TIPS AGAR TIDAK KENA TUNJUK GURU



hari ini gue lagi stress. bukan, gue bukan stress mikirin nilai tukar rupiah terhadap dollar amerika. gue stress karena besok ada ulangan KIMIA, yah si "gembong teroris" julukan gue buat pelajaran ini. buat pelajarannya lho, bukan gurunya, mohon digaris bawahi. kalo gue stress biasanya gue dengerin musik, atau nulis, kayak sekarang ini gue nulis di blog. kalo stress gue nggak terlampiaskan bisa-bisa stress gue berlanjut ke stadium selanjutnya, aliyas gila. kan gak asik kalo orang sekeren gue gila.
tapi di sini gue nggak bakal ngomongin stress, apalagi gila. gue bakal ngomongin TIPS AGAR TIDAK KENA TUNJUK GURU. 
sekarang gue sudah kelas 12 SMA, itu artinya kurang lebih 12 tahun gue sudah merasakan asam garam bangku sekolahan. sebagai siswa kelas 12 SMA tentu saja kepekaan gue terhadap sikap guru-guru gue yang gelagatnya mau nunjuk gue buat ngerjain soal di depan kelas semakin meningkat. gue seperti punya insting kalo gue bakalan jadi sasaran empuk guru gue. nah karena gue sudah hafal sama gelagatnya, gue punya tips agar tidak kena tunjuk guru. chek this out...

1. jangan gak perhatiin guru
ketika guru mengajar, perhatikan setiap gerakannya.mulai dari arah jalannya, tatapan matanya, gerakan tangan hingga bibirnya. pokoknya perhatikan! jika matanya sudah melirik ke satu arah, ucapannya mulai melambat, tangannnya mulai melakukan gerakan tidak wajar,itu tanda-tanda sang guru menunci 'target' untuk disuruh maju.
jika kamu merasa kamulah sang target, jangan panik! cukup stay cool. tetap tenang memperhatikan guru. gue pernah praktikin cara ini. jadinya kayak gini.
"yak, indri! maju jelaskan apa yang ibu sampaikan barusan."
saking memperhatikannya, gue sampe gak denger kalo gurunya nanya ke seluruh muridnya.
"ada yang sudah paham apa yang ibu jelaskan barusan?", dan gue manggut-manggut itu artinya gue sudah paham. FAIL.

2. pura-pura amnesia
jika lo sudah terlanjur kena tunjuk guru, lo bisa lakukan hal inai. misalnya:

"indri, coba jelaskan apa yang dimaksud sistem pemerintahan desentralisasi?"

pura-pura amnesia, "maaf, anda siapa ya? saya dimana? doraemon sahabat saya mana?"

dengan begitu guru akan stress mengahadapi murid seperti ini, dan dia akan langsung mengeluarkan kita dari kelas. saat itulah kita terbebas dari kena tunjuk guru. dan keluar kelas LIKE A BOSS.

3. jangan nunduk

salah satu kesalahan murid saat takut ditunjuk adalah ketika sang guru mulai mencari target, murid malah tidak memperhatikan guru dengan cara menunduk karena takut ditunjuk. sebenarnya ini perilaku alamiah murid. tapi, dengan lo nunduk, maka guru akan tau kalo lo nggak bisa dan berakhir dengan disuruh maju. nangis deh di depan kelas. makanya jangan nunduk, berperilaku wajar aja. gue bisa tau hal ini karena pernah suatu hari, guru gue lagi nyari mangsa buat disuruh maju. karena gue belum terlalu paham materinya, secara reflek gue nunduk ke bawah biar gak ditunjuk maju. pas gue rasa keadaan sudah aman, gue mulai angkat kepala gue, lirik kanan kiri memastikan keadaan aman.
 "yak, indri! maju, daripada kamu tidur saja dimejamu."

gue dikira tidur dan malah disuruh maju. FAIL.

4.jangan sok sibuk
selain nunduk ke bawah, ada hal alamiah lain yang sering dilakukan murid saat terancam kena tunjuk guru, yaitu SOK SIBUK.
sok sibuk ini meliputi, pura-pura baca buku, bongkar tas, ngupil. pokoknya jangan lakukan hal apapun yang sok sibuk karena ini akan mengundang perhatian langsung dari sang guru.
pura pura baca buku? lo akan dianggap nggak belajar di rumah dan ini jadi sasaran empuk buat disuruh maju.
bangkar tas? lo malah akan menarik perhatian karena yang lain sok sibuk baca buku lo malah bongkar tas, selamat lah yang pura pura baca buku.
ngupil? gak usah ditanya, ini pasti disruh maju. tapi bukan untuk ngerjain soal, tapi disetrap!
gue pun ketika merasa akn disuruh maju bakal segera ke WC. pernah nih, gue ngerasa 'wah kayaknya gue bakal disuruh maju' gue segera ke depan buat izin ke WC.
Eh, gue malah dikira menawarkan diri buat jelasin materi di depan.
Sampe depan kelas gue cuma bisa bilang, "I TOLD YA!"

5. jangan sembarangan pilih tempat duduk
"Tempat duduk menentukan nasibmu." Yap! Menurut gue, tempat duduk yang paling sering ditunjuk oleh guru adalah bagian depan, bagian belakang, bagian pojok, dan tengah (ini mah sama aja semua! -__-"). Semua emang balik lagi ke masalah tampang sih. Saran gue, jangan duduk di kursi guru. Apalagi minta pangku guru. Selain disuruh maju, lo juga bakal dicap murid kurang ajar.
6.jangan ngobrol
Ngeselin gak sih kalo lo lagi ngomong di depan temen-temen lo, tapi mereka malah ngobrol satu sama lain dan gak ada yang dengerin lo? Ini yang terjadi sama guru yang lagi jelasin materi tapi muridnya ngobrol.
Ini yang gue terapkan saat guru ngajar. Walaupun beliau duduk di depan laptop, gue gak bakal ngobrol biarpun diajak ngobrol sama temen sebangku. Karena apa? Karena kalo ngobrol, kita ribut, disuruh maju deh karena dianggap ‘udah pinter’ sama guru.
"ndri, tau nggak, kepala sekolah kemarin baru cukur kumis lho?" kata temen sebangku gue waktu itu.
gue diem.
"ndri, cireng di kantin lagi diskon 10 % lho."
gue tetep diem.
"ndri, lo dicariin tuh sama kevin anggara"
"kevin anggara??? mana?"
"Yak, indri! Apanya yang di mana? Sudah tau di mana titik koordinat x dan y?" Tanya guru gue.
"...."
FAIL.
7.jangan dikenal guru

"Tak kenal maka tak sayang, tak dikenal maka tak ditunjuk maju." Begitu kata pepatah negeri seberang sana. Agar tidak ditunjuk guru maju, jangan sampai beliau tau siapa namamu! Gue pun waktu itu sengaja gak nempel nama di seragam gue.
"Yak, itu yang gak pake nama di seragamnya, maju! Sudah pinter ya melanggar peraturan? Kerjakan soal nomer 1!"
ANTIKLIMAKS AND FAIL.
8. jangan jadi anak pinter, jangan juga terlalu bloon
Kadang ada guru yang males nginget nama muridnya. Jadi, murid yang diinget berdasarkan kriteria dia murid pinter, bego, cakep atau kurang cakep hingga minus. Murid 'biasa-biasa' aja sangat jarang diinget guru. Persentase ditunjuk oleh guru itu lumayan kecil, kecuali itu hari sialnya.
Tapi, hampir tiap hari gue ditunjuk maju sama guru. Gue bukan murid pinter. Bego juga gak bego-bego amat. cantik juga masih cantikan ghaida jkt48. Jelek? Masih jelekan tampangnya justin bibir habis ditinju mike tyson.
Apakah setiap hari adalah hari sial gue?!
Gue punya pikiran untuk ke sekolah pada hari minggu karena cuma di hari itu gue gak ditunjuk oleh guru. Tapi, pas gue mau ke sekolah, dilarang sama Ibu gue,
“ndri! Kamu hari Minggu ngapain ke sekolah?! Gak pake sepatu lagi…”
FAIL.
9.jangan lupa berdoa

Ketika 8 tips di atas udah lo lakuin dan gagal semua. Jalan satu-satunya adalah berdoa. Berdoa bisa meliputi apa aja. Bisa berdoa agar gak keliatan di kelas, berdoa agar mata sang guru kelilipan ban traktor, atau berdoa agar bisa balikan sama mantan. Bebas!
Gue pun pernah lakuin tips ini. Gue berdoa agar gak ditunjuk maju. Gue mengadahkan tangan ke udara, memohon kepada Tuhan, baru aja gue mau berdoa, gue denger suara guru gue,
"Yak, indri! Apa jawabannya?"
Gue angkat tangan terlalu tinggi. Dikira tunjuk tangan.
yah sekian tips dari gue, buat kalian yang punya tips lain, silahkan kasih tau di kolom komentar. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar